ILHAM S.kom

Just another Ilham's WordPress site

Belajar Harmonika cara singkat


Oke nih…. Langsung to the point aja yah…

Harmonika punya banyak jenis yang kita bisa bedain pakai kasat mata karena bentuknya bener-bener beda. Nah di sini gw mau coba jelasin dari masing-masing Harmonika itu sendiri. Mohon diperhatikan yah biar ga salah beli.

1. Diatonic Harp

Seperti yang ada digambar, diatonic bentuknya seperti itu. Punya 10 lubang, dan harmonika ini punya modal Richter-tuned yang artinya memungkinkan kita untuk memainkan 1 kunci harmonika di beberapa chord yang berbeda. Biasanya dipakai untuk mengiringi jenis musik Blues, Country, dan Folk, tapi ga menutup kemungkinan juga bisa diterapkan ke Jazz ataupun Classic.

2.Chromatic Harp

Bentuknya sudah jelas kelihatan beda sama Diatonic yang di atas. Ada pencetannya di sampingnya. Itu gunanya untuk menggeser slide penutup lobang yang ada untuk menghasilkan nada-nada cres. Contohnya di lobang nomer 3 itu bunyinya C berarti kalo kita tekan tombol itu maka bunyinya bisa jadi C# atau Db. Biasanya dipakai buat mengiringi jenis musik Pop, jazz, dan Classic.

3. Tremolo dan Echo Harp

Banyak yang bingung ngebedain antar Echo dan Tremolo Harp, sebenernya 2 jenis ini sama brur or sist. Dia punya ciri lobang yang bersusun dempet dan bodi yang panjang kyk gambar di atas. Hal ini terjadi karena umumnya Harmonika jenis ini punya 12 semitone yang bisa kita mainin. Fungsi dari harmonika jenis ini yah sesuai nama untuk memberi efek gema atau berulang pada nada yang kita mainkan. Biasanya untuk main Classic dan Harmonica Group bareng sama Chromatic dan Chord Harp di bawah , jarang banget dipakai buat solo.

4. Chord Harp

Nah ini baru engkongnya harmonika, gede banget brur ini. Hal ini terjadi karena dia bisa punya sampai 48 chord dan masing dibedakan dari lobang tiup dan lobang sedot. Ini bener-bener khusus cuma buat yang main Classic atau Harmonica Group.

Ini ada beberapa video buat motivasi dan penyemangat kita belajar Harmonika

Langsung mulai sedikit pelajaran yang ane ambil dari beberapa buku yah….



Yang 2 di atas itu rekomendasi dari sy, tapi kalo ga punya juga gpp, harmonika merk dan jenis apa aja juga boleh asalkan masih yang Diatonic yah, kalo yang Chromatic jujur sy belum pernah mainin, jadi masih ga ngerti..

for List Not tiap kunci Harmonica:

Cara Megang:

Nah silahkan pilih sendiri deh dari 4 di atas yang sekiranya enak, asal inget bagian atas itu adalah yang ada nomernya dan jari kita ga boleh nutupin nomer itu.

Harmonica Chart:

Banyak nih yang bingung soal harus beli harmonika kunci apa… Nah ini ada chartnya…

Chart di atas maksudnya dengan harmonika kunci tertentu kita bisa mainkan di chord tersebut. Jadi tentukan pilihan brur or sist sendiri sesaui kebutuhan.

Setelah itu letakan bibir brur and sist di Harmonikanya, satu yang perlu di inget, kita mulai dari sebelah kiri ke kanan dengan catatan Semakin besar angka di lobang yang ditiup atau disedot, semakin tinggi not yang dihasilkan.

Setelah itu kita mulai dengan Do Re Mi nya yah….

Lobang Nomer 4 ditiup = Do rendah atau Do awal

Lobang Nomer 4 disedot = Re

Lobang Nomer 5 ditiup = Mi

Lobang Nomer 5 disedot = Fa

Lobang Nomer 6 ditiup = Sol

Lobang Nomer 6 disedot = La

Lobang Nomer 7 disedot = Si

Lobang Nomer 7 ditiup = Do tinggi

Kalo di tabs bakal jadi gini :

4+ 4 5+ 5 6+ 6 7 7+

keterangan : nomer yang diikutin tanda “+” maksudnya ditiup, kalo yang nomer doang itu tandannya disedot.

Usahakan untuk bener-bener tiup satu lobang aja, jangan sampai bocor ke kanan atau ke kiri karena nanti bunyinya jadi double-double.

Tehnik pernafasan : kita pakai pernafasan perut brur… Maksudnya tiup mulut kita niup perut kita kempes, tiap kita sedot perut kita gembung. Banyak pemula yang kadang main asal tiup aja, dan makai pernafasan rongga dada yang jelas bakal niup atau nyedot dengan power yang besar sehingga merusak reeds dari harmonika itu sendiri yang ujung-ujungnya ngerusak.

Jadi harap diingat yah, santai aja mainnya ga usah ngotot dan pakai pernafasan perut oke…

Untuk sementara, hafalin dulu Tangga Nada yang tadi gw kasih di atas plus lancarin itu, kalo sudah lancar dibalik jadi mulai dari Do tinggi alias lobang nomer 7 ditiup jalan ke lobang nomer 4 ditiup. Kalo sudah lancar nanti gw kasih beberapa tabs lagu untuk tahap pemula, caranya Bending yang gampang, dan caranya Tounge Split yang gampang juga tentunya….

About these ads

October 25, 2011 - Posted by | Belajar, Informasi, MUSIC, Rahasia Umum, Uncategorized

3 Comments »

  1. ma ksih bang.. sangat mmbantu bang

    Comment by Udhox Trail | November 20, 2012 | Reply

    • terima kasih kembali bank, seneng bisa menbantu dan berbagi

      Comment by ILHAM | December 20, 2012 | Reply

  2. Coba di praktek dan dihayati nada2nya

    Comment by ILHAM | April 29, 2012 | Reply


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 27 other followers

%d bloggers like this: